"Yang baik tidak bisa lepas dari keburukan dan yang buruk tetap punya kemungkinan menjadi baik"

- Masa lalu boleh kelam, namun masa depan tak boleh suram (V_2198)-

Selasa, 13 Desember 2011

Materi Kuliah : Teknik Presentasi


Hmm.. kadang-kadang bosan juga ternyata ngeposting itu-itu mulu, ya kalo kagak cerpen, ya pasti deh puisi... Sebenarnya sih tujuan awal diciptakannya blog ini bukan buat posting mahakarya saya semata. Tadinya nih blog mau dijadiin bacaan bermanfaat yang bisa memberikan informasi plus berita-berita berharga (Wess...gayanya ^_^). Karena terlalu larut dengan puisi en cerpen, artikel lainnya jadi sedikit terlupakan deh, tapi sebenarnya bingung juga mo postingan apaan, coz jujur saya bukanlah orang yang pandai berolah kata. Mo copas dari postingan lain ya ga seru lah, masa calon penulis handal gini kerjaan copas mulu. Hehe..
Nah, trus pas lagi pusing en bingung-bingungnya mo posting apaan, secara ga sengaja bin kebetulan di depan saya tergeletak sebuah agenda kecil but tebal yang isinya campur aduk kagak karuan. Ya saya coba aja bolak balik tuh agenda, alhasil saya nemuin begitu banyak materi-materi penting perkuliahan yang tercatat dengan gaya saya sendiri (Coz, biar mudah faham ma materi kuliah, saya kudu buat catatan penjelas sendiri en itu berlaku sudah sejak saya SMP).
Walaupun banyak materi menarik buat dibahas, tapi kali ini saya lebih tertarik pada mata kuliah Teknik Presentasi yang mana saya sempat mengulang mata kuliah tersebut gara-gara lupa ma jadwal ujian. Hehe (konyol banget yach...??  ^_^). Daripada saya panjang lebar cuap-cuap kaga karuan, mending yuk langsung aja kita masuk ke materi.
Let’s Go...
Apa itu Teknik Presentasi???
Kata dosen saya mah Teknik artinya cara-cara, trus kalo presentasi artinya menyampaikan sesuatu kepada lebih dari satu orang atau orang banyak. Jadi, intinya Teknik Presentasi adalah Cara menyampaikan sesuatu kepada orang banyak (Yang pastinya lebih dari satu dong!)
Dalam materi ini juga disampaikan Persiapan Dasar dalam sebelum melakukan presentasi, apa sajakah itu???
Pertama : Kita harus mempelajari acara dimana kita akan melakukan presentasi, hal yang kudu dilakukan dalam mempelajari acara ini antara lain adalah kita harus tau siapan yang mengadakan acara. Itu penting sob, karna dengan begini kita akan tau materi apa yang wajib kita sampaikan. Trus kita kudu tau juga, apakah ada pembicara lain selain kita yang akan menyampaikan presentasi. Itu untuk mengetahui jika memang ada pembicara lain, materi apa yang akan dibawakannya. Karna bakal enggak lucu kalo ternyata materi yang sudah jauh-jauh hari malah keduluan disampaikan ama pembicara lain yang tampil sebelum kita. Jangan lupa bertanya apa tema acara?? Ya, ini juga termasuk bagian penting, akan terasa aneh jika kita menyampaikan materi yang menyimpang dari tema acara. Kemudian, cari tau juga juga berapa banyak waktu yang tersedia untuk kita menyampaikan materi presentasi kita, jangan sampai malah kepanjangan dan akhirnya membuat pendengar jadi boring en pada presentasi sendiri ke orang yang ada disampingnya. Hehe. Nah, supaya pendengar enggak pada boring en terlanjur pindah kelain body (O ow “x_x”), adakan sesi tanya jawab biar pendengar fokus pada materi yang kita sampaikan. “Ada pertanyaan? Kalau tidak ada, maka saya yang akan bertanya” Hehe, kalimat seperti itu biasanya mampu sedikit memancing pendengar tegang sejenak karna takut akan ditanya soal materi yang sama sekali tidak disimak sejak awal ^_^. Dan satu lagi, tentunya kita juga harus tau siapakah yang memimpin sesi demi sesi dari acara tersebut.
Kedua : Menganalisis Pendengar, sebelum melakukan presentasi ada baiknya kita tau siapa saja yang datang dan akan mendengarkan presentasi kita, ini penting untuk menentukan materi seperti apakah yang akan kita sampaikan nantinya. Enggak lucu kalo yang datang adalah anak-anak TK lantas kita menyampaikan materi masalah pernikahan, atau mungkin yang datang adalah para pejabat pemeritahan, eh kita malah menyampaikan presentasi tentang Buaya dan Si Kancil. Helloooow... ^_^. Akan lebih baik kalo kita bisa dapat bocoran sebatas mana kah pengetahuan para pendengar, kalo yang datang adalah para siswa sekolah menengah, ya mungkin ga bakal terlalu sulit untuk menyampaikan masalah teknologi yang saat ini sedang hangat-hangatnya didunia walaupun pengetahuan kita sendiri terbilang pas-pasan. Akan lain ceritanya kalo yang datang adalah para pakar teknologi. Waduh.. hayoo mau sombong apa coba???
Pada saat menyampaikan presentasi kita kudu curi-curi pandang terhadap sikap dan reaksi pendengar tentang materi yang kita sampaikan, jangan sampai pas lagi asyik-asyik cuap-cuap tau-tau pendengar tiba-tiba udah pada kabur aja. Lakukan sesuatu yang tidak konyol untuk menarik perhatian pendengar, ya biar mereka konsen en tidak cepat bosan tentunya. Trus dilat-liat juga berapa banyak yang datang ke acara dimana kita melakukan presentasi, ini penting agar kita bisa mengatur strategi untuk membawakan suasana menjadi lebih menyenangkan.
Ketiga :   Mempelajari Lokasi, lha itu harus. Kalo kita ga ngerti bagaimana lokasi acara gimana kita bisa melakukan presentasi yang baik dan benar. So, kita harus tau dimana lokasi kita akan melakukan presentasi tersebut. Lalu pelajari juga bagaimana susunan ruangan, ini memudahkan kita dalam penguasaan panggung, dan cek peralatan yang tersedia. Kemudian bagaimana suasana lokasi tersebut, apakah nantinya akan membuat kita nyaman dalam melakukan presentasi atau malah sebaliknya, hal tersebut penting agar kita bisa menyesuaikan diri baik dari segi kostum ataupun yang lainnya. Jangan lupa juga menanyakan dengan siapa kita akan kesana dan menggunakan apa pada saat acara berlangsung, hal ini agar kita bisa menentukan waktu dan jarak yang akan ditempuh untuk menuju lokasi presentasi. Lalu pelajari juga pengaturan tempat duduk audiens, apakah akustiknya berfungsi dengan baik, trus di mana posisi kita saat menyampaikan presentase, apakah layarproyektor terlihat dari segala sudut. Dan yang tak kalah penting, cari tahu dimana letak stop kontak. ^_^
Terakhir : Jangan lupa sebelumnya untuk menentukan sasaran dan tujuan spesifik, apa yang ingin kita sampaikan dalam presentasi secara keseluruhan dan apa tujuan audiens menghadiri presentasi.
Oke, cukup ni saja dari saya. Kesempurnaannya hanyalah milik Allah, maka dari itu jangan segan-segan untuk menitipkan kritik dan sarannya untuk setiap tulisan di blog ini ^_^

4 komentar:

  1. jadi ingat masa2 jadi mahasiswa...

    eh,..lupa emang masih mahasiswa... :D

    BalasHapus
  2. hahaha....udah bosan kh jd mahasiswa mpe lupa gitu :D
    Makasih dah mampir ;)

    BalasHapus
  3. Kereeeen postingannya kaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Ifah. Yang paling penting, semoga bermanfaat. :)

      Hapus

Syukron sudah meninggalkan pesan di blog ini. ^_^