"Yang baik tidak bisa lepas dari keburukan dan yang buruk tetap punya kemungkinan menjadi baik"

- Masa lalu boleh kelam, namun masa depan tak boleh suram (V_2198)-

Sabtu, 05 November 2011

SMK Negeri 2 Banjarmasin, sekolahku kenanganku


Tahun 2003, atau tepatnya delapan tahun silam aku memasuki sekolah menengah kejuruan yang sebelumnya begitu asing bagiku, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Banjarmasin. Awalnya sih aku Cuma nyasar masuk sekolah ini, cause daftar disekolah lain aku ga lulus. Untungnya SMKN 2 Banjarmasin yang berlokasi jl. Brigjend H.Hasan Basery itu masih membuka pendaftaran Gelobang kedua. Walaupun Cuma nyasar, tapi aku ga nyesal juga masuk sekolah ini. Betapa tidak, dari sekolah inilah aku mengenal dunia teknologi yang saat ini tengah berkembang pesat, Teknologi Informatika. Ya, aku mengambil jurusan Teknologi Informatika yang saat itu kebetulan Jurusannya baru aja buka, jadi??ya iya...aku dan teman-teman seangkatan adalah siswa periode pertama untuk jurusan Teknologi Informatika. Dulunya, disekolah ini cuma ada satu jurusan yakni Pekerja Sosial. Itu tuh, para Pelayan Masyarakat seperti Guru(TK), Pengasuh Playgroup, Pelayan Panti Asuhan dan Panti Jompo, dan sejenisnya itulah. Dulu Statusnya adalah swasta, namanya pun bukan SMKN 2 Banjarmasin, tapi SPK (Sekolah Pendidikan Kemasyarakatan ) yang didirikan pada tahun 1952. Lembaga ini adalah berstatus swasta dibawah naungan Yayasan Kemasyarakatan. Kepala Sekolah saat itu dijabat oleh Bapak Chalid Maksud sampai dengan tahun 1963.

Nah, pada tahun 1963 itu.. Pemerintah mengambil alih dan merubah statusnya menjadi NEGERI dan namanya pun otomatis berubah juga, yaitu menjadi Sekolah Pekerjaan Sosial Atas (disingkat, SPSA). Sedangkan kepala Sekolah yang pernah menjabat antara lain adalah : C. Dradjat (masa bakti tahun 1963-1968); Drs. Hartana (masa bakti tahun 1968-1987); dan Koeswadi D. (masa bakti tahun 1987-1984). Eitss.. ternyata, pada tahun 1979 nama SPSA berubah lagi lho menjadi SMPS yang merupakan singkatan dari Sekolah Menengah Pekerjaan Sosial dan kepala sekolah yang pernah menjabat adalah Drs Ardiansyah, Drs. H. Willem Ranrung (1985-1982); Drs. Multani Aziz ( 1992-1997). Nama SMPS ini paling terkenal lho. Dulu, waktu aku masih jadi siswa SMKN 2, setiap ada ibu-ibu atau bapak-bapak yang nanya “Sekolah dimana dik?” kujawab “SMKN 2” pasti ditanya balik “Dimana tuh?” (Kasian banget ya ga terkenal ^^v), tapi begitu kujawab “SMPS” Ugh mulutnya udah monyong-monyong aja kaya huruf O. Hehehe..
Dulu SMPS ini, sejak awal berdiri ditahun 1952 sampai tahun 1997, lama pendidikannya adalah empat tahun lho dengan sistem pendidikan selama tiga tahun (tingkat satu sampai dengan tingkat tiga) diselenggarakan dilingkungan sekolah sedangkan satu tahunnya lagi diselenggarakan didunia kerja/instansi dalam bentuk Praktek Kerja Lapangan (PKL). Tapi sejak tahun 1997 Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) diubah menjadi Praktek Kerja Industri (Prakerin)/Magang dan tidak lagi dilaksanakan selama satu tahun, tetapi hanya setengah tahun ketika siswa sampai pada semester lima. Dan sejak tahun pelajaran 2008/2009 pola Prakerin/Magang diubah menjadi dua kali yaitu tiga bulan pada semester 4 dan tiga bulan pada semester 5.
Sejalan dengan program pengembangan dari Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan tentang Re-Engineering (penataan kembali dan pembukaan Program Keahlian baru, maka SMK Negeri 2 Banjarmasin pada tahun 2001/2002 membuka Program Keahlian baru yaitu Teknik Komputer dan Jaringan dan pada tahun 2006/2007 juga membuka Program Keahlian Multimedia. Sekarang di SMKN 2 Banjarmasin telah berkembang beberapa Program Keahlian selain Pekerjaan Sosial(PS), Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ) dan Multimedia(MM) ada juga Program Keahlian Broadcasting. Di zaman teknologi yang semakin berkembang seperti saat sekarang ini, siapa sih yang ga kenal SMKN 2 Banjarmasin, bahkan sekolah ini sudah cukup diperhitungkan sebagai sekolah pencetak generasi muda masa depan yang berwawasan teknologi.

Baca Juga :
Persahabatan Thampyaz di SMKN 2
Cinta Pertamaku di SMKN 2

1 komentar:

Syukron sudah meninggalkan pesan di blog ini. ^_^