"Yang baik tidak bisa lepas dari keburukan dan yang buruk tetap punya kemungkinan menjadi baik"

- Masa lalu boleh kelam, namun masa depan tak boleh suram (V_2198)-

Kamis, 10 November 2011

Sepuluh kata JANGAN dalam mempersiapkan Pernikahan


Pernikahan, hal yang satu ini merupakan salah satu moment penting dalam kehidupan seseorang karena pernikahan bisa dikatakan sebagai pintu gerbang untuk menuju sebuah kehidupan yang baru. Pernikahan seringkali di identikan dengan upacara sebagai lambang pelepasan dari masa lajang menuju masa dimana kita tidak akan hidup sendiri lagi. Atau bisa juga sebagai lambang pelepasan dari orangtua untuk mengantarkan anaknya menuju kehidupan barunya kelak. Nah, untuk melaksanakan sebuah upacara pernikahan yang sempurna, tentu harus ada perencanaan yang matang sebelumnya. Rencana yang matang bisa memberikan kelancaran dalam pelaksanaan upacara pernikahan pada hari H. Selain mempersiapkan rencana-rencana besar dengan matang, jangan lupakan juga rencana kecil yang tentu akan sangat membantu dalam pelaksanaan upacara pernikahan tersebut. Nah, untuk mendapatkan kelancaran dalam pelaksanaan upacara pernikahan, berikut saya sampaikan sepuluh hal penting yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan upacara pernikahan, atau bisa juga disebut dengan "Sepuluh Kata JANGAN dalam mempersiapkan upacara pernikahan" (Supaya terdengar lebih ekstrem ^_^)


1. JANGAN merencanakan pernikahan tanpa anggaran. Uang adalah satu hal yang bisa menyebabkan seseorang/pasangan Stres dalam merencanakan sebuah pernikahan. So, pastikan kita sudah menghitung sejak awal berapa biaya yang diperlukan dalam menggelar sebuah upacara pernikahan. Jangan lupa pikirkan juga biaya cetak undangan, dekorasi pernikahan, dan lain-lain.
2. JANGAN mengeluarkan biaya melebihi dari anggaran yang telah ditetapkan. Pernikahan memang merupakan moment penting dalam hidup seseorang, tapi sejatinya upacara pernikahan tidak harus mewah, cukup sesuai dengan anggaran yang ada yang penting SAKRAL. Kita tidak perlu berhutang untuk melaksanakan sebuah upacara pernikahan, jangan sampai setelah menikah kita justru harus mencicil hutang selama 5 tahun. ^_^
3. JANGAN percaya begitu saja pada ucapan penyedia jasa perkawinan/wedding organizer (catering, atau perias pengantin). Buatlah perjanjian atau rencana yang tertulis.
4. JANGAN coba-coba melakukan segalanya sendirian. Ini nih... merencanakan pernikahan bukanlah hal yang mudah. Jadi, ga perlu ambil resiko dengan mencoba mengerjakannya sendirian, tak perlu segan untuk meminta bantuan oranglain karena sebuah upacara pernikahan adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Jadi biarkan oranglain ikut senang dengan rencana kita dan pikiran kitapun akan lebih tenang.
5. JANGAN memaksakan kehendak dan keinginan sendiri. Kompromilah sekalipun untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.
6. JANGAN terlalu hemat untuk fotografi. Bukannya upacara pernikahan hanya akan berlangsung satu hari?? Nah setelah saat mendebarkan tersebut berlalu, semuanya juga akan hilang, yang tersisa hanyalah kenangan. Jadi abadikan kenangan tersebut dalam bentuk foto/dokumentasi sebanyak-banyaknya.
7. JANGAN terlalu mengurusi hal yang detil. Ini bisa membuat kesenangan dalam proses perencanaan perkawinan jadi hilang. Maksudnya begini, "Apakah akan menjadi masalah jika meja makan dihiasi dengan pita berwarna merah muda?"
8. Ini Penting!!! JANGAN lupa berterimakasih kepada semua orang yang terlibat dalam proses persiapan pernikahan kita dan semua yang memberi hadiah. Jangan sampai ucapan terimakasih kita menjadi basi. Tak ada salahnya kalau kita mengirimkan notes atau pesan singkat kepada mereka yang sudah membantu proses persiapan pernikahan kita ataupun kepada mereka yang memberi hadiah kepada kita.
9. JANGAN membebani diri dengan mengerjakan banyak pekerjaan sehari sebelum pernikahan. Lakukan hanya satu atau dua tugas yang ringan dan cobalah untuk bersantai dan menenangkan diri.
10. JANGAN mengharapkan upacara pernikahan yang sempurna. Kita bisa saja mengharapkan hal-hal yang luar biasa dihari pernikahan, tapi jangan lupakan TUJUAN kita MENIKAH.

Nah, semoga artikel diatas bermanfaat yaa.. Buatlah sesuatu yang berbeda dihari pernikahan kita, tapi jangan terlalu memaksakan untuk hal yang sulit untuk dilaksanakan. Pernikahan bisa dilakukan secara sederhana namun memiliki kesan yang takkan terlupakan bagi pasangan ataupun orang-orang yang terlibat. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Syukron sudah meninggalkan pesan di blog ini. ^_^