"Yang baik tidak bisa lepas dari keburukan dan yang buruk tetap punya kemungkinan menjadi baik"

- Masa lalu boleh kelam, namun masa depan tak boleh suram (V_2198)-

Sabtu, 09 Oktober 2010

Tentang Banjarmasin

Kota Banjarmasin terhampar didataran yang rendah dan berada di bawah permukaan air laut. Kota ini juga sering dijuluki sebagai ”Kota Air” atau ”Kota Seribu Sungai”, karena sebagian besar sungai mengalir di sana, seperti: sungai Martapura, sungai Kuin, sungai Andai, sungai Alalak, dll.
Kota Banjarmasin adalah salah satu kota sekaligus merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 72 km² atau 0,019% dari luas wilayah Kalimantan Selatan. Jumlah penduduk di kota ini adalah sebanyak 615.570 jiwa (BPS, Tahun 2007).

Kota Banjarmasin merupakan salah satu kota dari 11 kota dan kabupaten yang berada dalam wilayah propinsi Kalimantan Selatan terletak di ujung selatan dan berada diantara 3' 15" - 3' 22" Lintang Selatan dan diantara 114' 32" - 114' 38" Bujur Timur. Kota ini terhampar didataran rendah (rata-rata datar) berawa-rawa 0,16 meter dipermukaan laut. Dengan luas wilayah 72 km2 atau 0,22 % dari luas wilayah Kalsel.


Letak kota Banjarmasin disebelah selatan provinsi Kalimantan Selatan yaitu:
• Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Barito Kuala
• Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Banjar
• Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Barito Kuala
• Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Banjar

Secara Administratif Kota Banjarmasin terdiri atas 5 kecamatan:
1. Banjarmasin Barat: 13,37km²
2. Banjarmasin Selatan: 20,18 km²
3. Banjarmasin Tengah: 11,66 km²
4. Banjarmasin Timur: 11,54 km²
5. Banjarmasin Utara: 15,25 km²

Kota Banjarmasin dibelah oleh sungai Martapura dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut Jawa, sehingga berpengaruh kepada drainase kota dan memberikan ciri khas tersendiri terhadap kehidupan masyarakat, terutama pemanfaatan sungai sebagai salah satu prasarana transportasi air, pariwisata, perikanan dan perdagangan. Tanah aluvial yang didominasi struktur lempung adalah jenis tanah yang mendominasi wilayah kota Banjarmasin. Sedangkan batuan dasar yang terbentuk pada cekungan wilayah berasal dari batuan metamorf yang bagian permukaannya ditutupi oleh kerikil, pasir dan lempung yang mengendap pada lingkungan sungai dan rawa.

2 komentar:

  1. wuuuiiiihh.... keren nih. mf bru mampir ya.... slide nya tuh bgus

    BalasHapus
  2. thx....masih baru mau mulai boz....

    BalasHapus

Syukron sudah meninggalkan pesan di blog ini. ^_^